Hitung Fondasi Tower Crane Gak pake PHP!!


Heiiii Hoooooooo…….!!!!!!

Waslap bra bro semuanya,, akhirnya gua ada waktu lagi buat menyampah di blog ini. Jadi ceritanyagua baru aja masuk kerja dan disuruh buat ngitung fondasi Tower Crane atau bahasa gaul nya TC.
Setelah beberapa ratus ribu tahun gua berguru sama mbah google, akhirnya gua bisa bikin spreadsheet excel gua sendiri yang akan gua bagi bagiin buat lo bra bro semuanya.
Langsung aja dari pada kebanyakan bacot, ini step step yang harus lo tau sebelum ngitung fondasi TC.

Menentukan jenis fondasi TC
Fondasi TC itu yang gua tau sampe saat ini ada 2 jenis, ada yang Cuma raft foundation alias foot plate raksasa, dan ada juga yang pake fondasi tiang pancang (mini pile). Nah disini gua akan bahas yang pake raft foundation karena lebih simple. Dan itu yang disuruh sama atasan gua, hehe..

Cari kapasitas dukung tanah.
 Ada banyak cari kapasitas dukung tanah, biasanya sih dari hasil uji sondir. Nah lo perlu menerjemahkan data hasil sondir menjadi sebuah kapasitas dukung tanah. Inget bro kapasitas dukung yang gua maksud adalah kapasitas dukung tanah dimana fondasi lo akan ditanem, bukan di tanah yang kerasnya. Misalnya tebal fondasi lo Cuma 1,5 m ya berarti lo cari kapasitas dukung tanah di kedalaman tersebut.
Nilai yang perlu lo ambil adalah qc nya.

Kalo udah dapet qc nya tinggal lo masukin ke rumus nya Om Meyerhof yang ada di spreadsheet. DI spreadsheet nya nanti gua ada beberapa data sondir, tapi yang gua pakek adalah yang minimum,, jangan Tanya kenapa!!!!

Tentukan Type TC
Setelah lo dapet berapa kapasitas ijin tanah lo, selanjutnya lo tentuin mau pake TC type apa, JIB berapa, dan merk apa… karena tiap TC tuh gak sama, dan dia punya spek masing – masing. Sebagai refrensi di spreadsheet gua pake dari POTAIN yang JIB 70 sama JIB 60. Spesifikasi lengkapnya bisa lo download disini : untuk type MDT
nah kalo lo udah download, lo bisa tau informasi tentang spek dari TC yang mau lo pake, misalnya disini gua pake JIB 70 type MDT 308 P62A



Untuk tau itu symbol symbol gak jelas artinya apaan, liat di halaman paling akhir dari file spek nya :


Nah setelah lo udah tau semuanya, silahkan pakek nih file gua… Kalo bingung komeng di bawah yak… tengkyuuuuuuu

Downlod di sini

Comments

  1. Salam,
    Ngitung fondasi sumuran ada ga file excelnya bro.... mks

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada mas,,, pada dasarnya sih fondasi kan hanya luas tepak yang membuat pressure dari kolom itu lebih kecil dari kpasatias daya dukung tanah yang diizinkan,,, :)

      Delete

Post a Comment