Tips and Trick : Persiapkan Pekerjaan Masa Depan Lo Sejak Dini!!



Cerita kaki dari sisa perjuangan gua kemaren nyari kerja, ternyata sebenernya nyari kerja tuh gak susah susah banget asal udah dipersiapkan. Persiapan nyari kerja gak Cuma IPK doank, tapi ternyata leih dari itu, ada beberapa hal yang bisa lo persiapkan dari sekarang meskipun lo masih seorang anak SMA, karena test buat nyari kerjaitu gak Cuma sekali, terdiri dari beberapa kali test dan beberapa tahapan test.
Okay langsung aja gua mau share beberapa tahapan test yang pernah gua ikutin dan beberapa tips yang mungkin akan berguna buat lo.

1.      Seleksi Administrasi
Hal yang paling pertama harus lo persiapkan saat melamar pekerjaan adalah seleksi administrasi. Jadi isinya seleksi administrasi itu adalah memasukkan semua berkas berkas lamaran ke HR dari perusahaan yang lagi bukaan untuk di seleksi kelengkapannya. Biasanya sih kalo berkas lo memenuhi persyaratan dan LENGKAP itu langsung diterima ke tahap berikutnya. Tapi kalo gak lengkap mungkin lo harus membuat alasan kenapa berkas lo gak lengkap dan minta keringanan di cover letter atau application letter lo.
Isinya berkas lamaran iti biasanya :
a.       Cover letter atau Applycation letter atau suran lamaran pekerjaan yang isinya tentang info singkat diri lo, kenapa lo mau ngelamar dan ngelamar untuk posisi apa.
b.      Ada CV yang dilampirkan biasanya sih 2 lembar, jangan kebanyakan karena klo kebanyakan biasanya juga gak di baca,dan usahakan yang pentingg penting di taro di halaman pertama, soalnya halaman kedua dan berikutnya itu jarang banget di baca, lo tau sendiri kan klo orang ngelamar kera itu ada berapa jutaorang, dan gak mungkin tim seleksi harus baca semuua CV sampe habis. Jadi efektifkan halaman pertama untuk ngerangkum seua hal yang penting dan buat semenarik mungkin.
c.       Ijazah dan Transkrip nilai terakhir, buat lo yang belom wisuda biasanya ada SKL atau transkrip sementara, tapi buat lo yang belo lulus dan hamper lulus, biasanya ada keringanan dari perusahaan, asalkan lo sebutin aja di cover letter lo kira kira kapan lo lulus nya. Nah IPK yang lo cantumin di setiap identitas lo harus sesuai  sama yang ada di transkrip, klo kagag ntr pas di cross check ada yang beda, lo bakal langsung di coret dari daftar pendaftar. Satu aja data ga singkron, semua data lo bisa aja dianggap kebohongan, makanya waspada lah dalam menulis.
d.      Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).  Jadi gak semua perusahaan minta SKCK sih, Cuma klo lo udah taun terakhir pas pulang kampong sebaiknya lo bikin aja sih buat persiapan dan buat jaga jaga supaya gak repot ntar kalo pas diminta.
e.       Sertifikat-sertifikat seminar, workshop, organisasi dan semua kegiatan positif baik itu akademi maupun non akademik lo fotocopy in dan dibuat se bundle supaya nanti bisa dilampirin. Ini gak di suruh sih, Cuma additional aja, buat menunjang CV yang udah lo buat sebelumnya.
f.       Yang wajib lo punya adalah sertifikat TOEFL diatas 500. Ini sangat amat penting lho,, mungkin ada beberapa yperusahaan yang akan melakukan test bahasa inggris, tapi kebanyakan perusahaan, syarat awal mendaftar itu harus punya score TOEFL. Kalo bisa lo dapetin SCORE di lembaga yang udah gede dan terpercaya, lembaganya apa aja lo bisa googling.
g.      Dan siapkan aja fotocopy KTP, SIM, dan Akte kelahiran.

2.      Pertama adalah test psikologi
Test psikologi itu sebenernya soalnya gak susah, Cuma mungkin harus di kerjakan dengan secepat mungkin. Itu kayak semacam soal soal buat anak kelas 4 SD, Cuma harus lo kerjakan dengan cepat. Saran gua sih, lo sering sering aja daftar kera di perusahaan, makin sering lo ikutan test psikologi maka lo akan makin mudah ngejawab soalnya, karena emang ada beberapa soal yang sama, apa lagi kalo dua perusahaan menggunakan jasa konsultan SDM yang sama, sudah dipastikan kalo soal tes psikologi nya sama.
Jadi soal tes psikologi yg selama ini pernah gua ikutin tuh ada beberapa, pertama tuh kayak permainan kata gitu, lawan kata, persamaan, terus kata yang behubungan, ya gampang sih Cuma harus cepet ngerjainnya. Terus ada soal tentang gambar, nebak nebak gambar gitu, terus ada soal tentang  hitungan matematika kelas 4 SD, terus ada soal itungan cepet, itunganya Cuma tambah tambahan kog, Cuma harus cepet aja ngerjainnya.
Supaya lo mudah, selain harus sering sering ikutan lo juga harus makan yang bergizi bro, makann yang berprotein banyak banyak. Sekedar info gak penting, biasanya gua makan telor ayam rebis sampe 8 butir tiap hari seminggu sebelum test.

3.      Test bahasa Inggris
Nah test bahasa inggris itu gak beda beda jauh kayak test toefl, Cuma mungkin porsi soalnya aja yang menyesuaikan. Sama kayak toefl, erdiri dari beberapa section kayak listening, reading, dan structure. Meskipun lo udah punya sertifikat toefl tapi ada beberapa perusahaan yang melakukan test ini. Makanya dari sekarang klo lo ngerasa bahasa inggris lo jabot, lo improve lah dari sekarang. Nih beberapa tips gua buat improve skill bahasa inggris lo.
a.       Nonton film barat gak usah pake subtitle, dan pahami cara mereka ngomong, jangan Cuma pahami ceritanya, tapi pahamin juga tiap kalimat kalimat yang mereka ucapkan. Ini penting buat listening section.
b.      Chatting sama orang barat atau orang manapun di room MIRC. Emang jadul sih, tapi dengan chat langsung sama orang asing itu bisa nambahin kosa kata lo, dan ini berguna buat reading comprehensive section dimana lo harus hafal banyak banget perbendaharaan kata.
c.       Kalo buat test structure atau grammar, lo ya harus belajar pake buku bahasa inggris bro. klo gak ya ikut les gitu deh,

4.      Test Kemampuan Akademik
Test kemampuan akademik itu beda sama kayak test TPA kalo mau masuk universitas, jadi disini materi yg di test itu adalah biasanya materi background dari pendidikan kita atau materi bidang dari perusahaanya. Klo perusahaannya sipil ya yang di test materi teknik sipil, tp klo anak akutansi biasanya ya di kasih soal akutansi. Makanya kalo kuliah jangan Cuma ngejar IPK tapi kejar kemampuan lo, gak usah menipu diri sendiri dengan IPK yang tinggi tapi dapet dengan cara curang ntar lo malah bisa susah sendiri. IPK tuh sebenernya ngaruhnya Cuma di syarat administrative  doank, dan udah gak lebih.

5.      Interview HRD
Interview HRD itu singkatnya adalah ditanyain tentang kekurangan dan kelebihan lo dan prestasi lo selama ini, dan beberapa tentang pengalaman memimpin. Lo gak usah di buat buat ceritanya, usahain santai aja dan certain semua yang bener bener lo alamin, dan biasanya rata rata lolos sih klo cm interview HRD asal lo selow aja pas di tanya tanya dan jangan gugup.
Anggap aja lo lagi curhat sama mantan lo tentang pacar lo yang sekarang. Makanya supaya pada saat interview HRD lo bisa cerita banyak, mulai dari sekarang lo buat deh pengalaman pengalaman yang bakal mendukung lo, misalnya ikutan kejuaraan atau kompetisi yg menunjang akademik lo, ikut seminar seminar, ikut pelatihan pelatihan kepemimpinan. Supaya ada kesan baik saat lo di tanya tanya, dan lo punya banyak pengalaman yang akan mendukung karir lo nanti.

6.      Forum Group Discussion
Disingkat FGD, jadi pada saat FGD nih ntar lo bakal di buat group dengan pelamar lainnya, mungkin satu group sekitar 5-10 orang dan terdiri dari background endidikan yang beda beda. Terus ntar lo dikasih masalah, dan lo disuruh diskusi ama kelompok lo tadi untuk nyari solusi nya. Ada beberapa tips supaya FGD lo bisa  berjalan dengan berhasil :
a.       Ucapkan semua pendapat lo dengan sopan, tegas, dan lancar. Usahakan gak terbata bata atau tersendat sendat saat berbicara.
b.      Kemukakan alasan yang masuk akal ketika lo berpendapat, dan jangan gunakan kata kata yang picik yang menganggap diri lo paling benar. Gunakan data data yang ada.
c.       Lo boleh terus mempertahankan pendapat lo atau terus membantah pendapat orang lain, selama lo memegang fakta kebenarannya, tapi gak perlu malu untuk mengakui klo pendapat lo salah ketika lo sadar ada pendapat yang lebih benar.
d.      Gunakan attitude yang baik, jangan menyela pembicaraan, jangan berbicara terlalu panjang sehingga menghabiskan waktu dan gak member kesempatan peserta lain. Inagt yang paling penting adalah kerja sama makanya lo harus kooperatif terhadap peserta lainnya.
e.       Usahakan selalu tanggapi setiap pendapat orang lain, jadi jangan Cuma ngomongin pendapat lo doank, tapi lo harus ambil pandangan juga terhadap pendapat orang lain.
f.       Mempersilahkan atau menanyakan pendapat dari teman teman lo, itu adalah sebuah etika yang baik, artinya lo tidak menutup kesempatan terhadap sudut pandang lain.

7.      Interview User
Nah ini nih yang paling menentukan dari semua mua mua mua mua mua mua nya!!!! Interview user itu biasanya ditanyain tentang hubungan antara background pendidikan lo dengan bidang pekeraan yang akan lo jalani nanti. Makanya gua sarankan lo bekerja di bidang yang sesuai backround pendidikan lo. Lo nanti akan ditanya Tanya tentang gimana caranya nyelesaiin masalah ketika bekerja, lo akan di Tanya Tanya tentang materi dasar dari pekerjaan yang lo akan hadapi nanti. Pokoknya ini akademik banget deh. Persiapannya sangat susah, buat interview user lo gak bisa Cuma siap siap denga belajar semalem atau dua melem doank, tapi harus lo persiapkan materi itu benar benar selama kuliah. Atau paling nggak sebelom lo daftar pelajari dulu tentang bidang kerja yang akan lo geluti nantinya.

8.      Medical Check
Kalo lo udah sampe taha ini, sudah bisa di pastikan 90% lo akan lolos asal emang lo sehat. Beberapa point utama dari medcheck adalah berikut :
a.       Test rabun mata, jadi kalo lo pake kacamata rabun nya jangan terlalu parah, usahain gak lebih dari 3 dioptri.
b.      Gak bole buta warna
c.       Usahain gigi lo bagus, artinya bukan berarti harus di behel biar bagus, tapi jangan sampe ada gigi bolong terlalu banyak, klo ada yg bolong segera di tambah, dank lo ada yang abis segera di cabut. Kalo ada yg di cabut 1 atau 2 mungkin itu masih gak kenapa napa. Makanya jangan males sikat gigi sebelum tidur dan setelah makan.
d.      Perbandingan tinggi badan dan berat badan, buat cowok cowok nh terutama, usahain dari sekarang tinggi lo minimal 165 cm, karena emang ada beberapa perkerjaan yang bersyarat kayak gitu. Kalo mau medcek makan yang banyak buat yang badannya kurus, dan puasa yang banyak buat yg badannya gendut supaya ntr pas di timbang bisa proporsional.
e.       Ada beberapa yang cek ambeyen. Jadi ntr lo disuruh buka celana terus ada alat yg di masukin ke lobang pantat lo buat ngeliat lo punya ambeyen atau gak. Jangan grogi pas duduk makanya. Hahahaha
f.       Test darah. Ini sangat penting jadi dari test darah ini lo udah gak bisa bohong lagi, kalo lo sering ngedrugs atau mabok lo udah gak akan bisa mengelak lagi. Makanya jauh jauh deh dari barang barang kayak gitu.
g.      Test paru paru, biasanya di ronsen. Ini ngeliat gimana kondisi paru paru lo, makanya jangan ngerokok bro! klo ngerokok dan agak parah biasanya ini yang ngegagalin lo.
h.      Tensi darah

Nah…. Sekian aja dari gua.
Semoga Bermanfaat
:)

Comments