mengapa bangunan tinggi sering disambar petir?

Mengapa bangunan yang tinggi sering disambar petir?
Postingan ini sebenernya gak tau bener atau gak, tapi ini adalah hasil analisis gua terhadap beberapa refrensi. Jadi Indonesia itu ada di daerah tropis, nah negara daerah tropis itu adalah negara yg sering banget terjadi sambaran petir kalo dibandingin sama negara negara di daerah sub tropis. Mengapa demikian?? Lo bisa googling, karena buan itu yg mau gua bahas. Postingan ini penting banget buat lo lo semuayang mau bikin rumah tingkat yg lebih tinggi dari rumah rumah tetangga lo.
Kalo dari artikel yg gua baca, hanya ada 1 jenis awan yg bisa nyebabin terjadinya petir yaitu awan cumolo nimbus. Nah awan ini tuh banyak banget ngumpul d Indonesia makanya pas ujan sering banget terjadi petir. Petir tuh ada 3 macem bro, petir yg nyamber dari awan ke awan, dari awan ke tanah, dan dari tanah ke awan. Muatan listrik yang ada di petir itu ada yg bermuatan positif ada juga yg bermuatan negative.

Nah biasanya kalo petir yang nyamber dari awan ke awan, itu gak masalah bro. toh sapa juga yg peduli selain tukang potret petir. Petir yang nyamber dari awan kea wan itu menurut gua sih mungkin terjadi karena ada petir yang bermuatan positif, terus tertarik oleh petir lain yg bermuatan negative, makanya saling menarik kayak magnet broo. Jadi sambaran petir itu terjadi karena medan medan listrik yang saling berlawanan itu berdekatan. Mungkin lo tau listrik statis, pas SD mungkin lo suka gosok gosokin penggaris mika ke rambut atau kain kasa, nah itu membuat penggaris mika itu punya muatan listrik statis positive klo gak salah, terus klo ada sobekan kertas, lo deketin, kertasnya bakal nempel ke penggaris itu. Nah itu terjadi karena kertas itu bermuatan netral, muatan netral itu bukan berarti kosong, tapi ada jumlah proton dan electron yg sama, makanya netral nah disini muatan positive itu narik elektronnya yg bermuatan negative, makanya kertasnya ketarik. Ini sih Cuma manurut gua, gatau bener atau nggak,, hehe sory dah gua bukan anak elektro.

Berikutnya adalah petir yang menyambar dari awan ke tanah. Nahh petir ini bahaya banget, klo orang di samber petir bisa langsung mateng alias mampus broo, kalo kaca bisa langsung pecah, klo pohon langsung gosong, pokoknya bahaya banget deh. Nah kenapa hal ini terjadi?? Ini adalah inti dari postingan gua kali ini. Sambaran petir ke tanah, itu terjadi karena ada petir yang bermuatan positive lalu ada objek tinggi di atas tanah yang bisa menyalurkan aliran listrik statis negative tanah (ground) menjadi lebih dekat ke langit. Intinya kalo bangunan makin tinggi maka jarak ground itu makin dekat dengan langit/awan  kumolo nimbus. Loh bangunan kan gak menghantarkan listrik? Bangunan emang gak menghantarkan listrik bro, tapi kalo hujan, bangunan kan jadi basah, nah listrik kan bisa ngalir lewat air, jadi bisa dibilang potensi listrik statis negative tanah (ground) itu terhantarkan sampai puncak gedung saat terjadi hujan. Makanya makin dekat dengan awan, nah seperti yg gua bilang, medan negative dan medan positive akan saling tarik menarik, itu menyebabkan bangunan tersebut bisa tersambar oleh petir dengan muatan positive. Pohon kelapa kan benda organic, jadi klo lo setrum pohon kelapa dari bawah, maka di puncak pohon juga mesti masih ngalir lah dikit dikit setrumnya, makanya pohon kelapa juga suka disamber sama petir, soalnya ujung pucuk pohoon kelapa juga mengalirkan listrik statis bermuatan negative yang disalurkan dari tanah (ground).

Cara menagkalnya biasanya sih suka pake kawat tembaga yg diameter 5 mm, terus dimasukin ke dalem stick penangkal petir yang ujungnya runcing, sebenernya ini bukan menangkal petir loh, tapi ini justru akan memancing petir untuk menyambar stick tersebut, nah kawat tembaga itu disalurin sampe ground/tanah dan dipasang lebih tinggi dari pincak bangunan. Jadi kalo ada potensi petir, dia akan menyambar ke stick penangkal petir tersebut dan dialirkan langsung ke tanah. Jadi bangunannya secara langsung gak tersambar. tapi kalo disekitar rumah lo ada bangunan yang lebih tinggi lagi, maka petir itu akan nyamber bangunan yg lebih tinggi karena dia lebih dekat dengan sumber petirnya, jadi rumah lo bisa dibilang aman. tapi biarpun rumah lo cuma 1 lantai tapi kalo ada ditengah lapangan bola, nah itu malah potensi banget kesamber petir. sebabnya?? fikir aja sendiri :)
Okay sekian dari gua, sekali lagi ini Cuma menurut gua, gua gak tau bener atau salah, kalo salah mohon ane dikasih tau yg benernya kayak gimana. Tp hasil pemikiran ane ini menurut ane sih masuk akal. J

Comments

  1. Ada juga efek sekunder dari petir yaitu yang sering disebut "transient over voltage" yang bisa merusak peralatan elektronik didalam bangunan. Terutama peralatan yang terhubung dengan sumber listrik dan jaringan komunikasi yang menggunakan kabel tembaga.

    CMIIW

    ReplyDelete

Post a Comment