Jogja - Bali in story


Nahh,,, abis bagi bagi file file,,, gua mau cerita tentang perjalanan lomba gua yang terakhir yang penuh perjuangan ke bali. Ini perjalanan bener bener punuh pelajaran buat gua,, bener bener penuh pengalaman. Gua bukan mau nyeritain gimana gua lomba di bali kemaren, tapi gimana caranya gua bisa sampe di bali dan kembali di jogja dengan uang yang apa adanya dan selamat.
Gua kagag sendiri, tapi bareng sama temen se tim gua Yudith Prawinata P yang orang jawa timur dan udah tau sebagian seluk beluk transportasi yang mau kita pakai.
Langsunga aja kita mulai
-          Rencana pertama adalah berangkat dari jogja ke banyuwangi naik kereta ekonomi Sri Tanjung yang berangkat jam 07.30 dari stasiun Lempuyangan dengan harga tiket Rp. 35.000 dan bakal sampe di banyuwangi sekitaran jam 23 malem paling telat.
-          Tapi renccana hanyalah rencana, akhirnya gua ketinggalan kereta padahal udah beli tiket nya. Dan kalo ketinggalan maka tiket hangus gak bisa dibalikin lagi jadi duit.
-          Gua nyari supir taksi, ceritanya mau ngejar ke stasiun berikutnya yaitu ke prambanan naik taksi, tapi supir taksi bilang itu mustahil.
-          Sebenernya ada kereta berikutnya yaitu Logawa (kalo gak salah) yang menuju jember, tapi ternyata tiket pada hari H udah habis.
-          Setelah beberapa menit bingung, akhirnya gua sama yudith memutuskan kita ke terminal Giwangan cari bis ke Banyuwangi. Dari stasiun naik becak bedua ke shelter trans jogja yang di depan SMP 5 seharga kalo gak salah Rp 10.000
-          Oke dari shelter transjogja, kita masuk bayar Rp. 3000 perorang dan kalo gak salah kita naik Bis 3B (apa 3A ya?? Gua lupa pokoknya yang ke giwangan deh) dan itu transit sekali di daerah mana entah gua lupa juga.
-          Dan setelah sekitar 20 menitan perjalanan akhirnya sampe di Terminal Giwangan

-          Okay, sekarang kita mau naek bis yang mana pertanyaannya?? Ada beberapa opsi : kalo ke denpasar langsung naik Bis patas perorang bayarnya sekitar Rp. 230.000. Kalo naik bis yang eksekutif yang langsung ke banyuwangi ada nya sekitar jam 1 siang an, dan saat itu baru jam 9 pagi, kita bakal kehabisan waktu buat nunggu bis itu. Yang ada tiap jam atau tiap 2 jam sekali adalah bis eksekutif dan bis ekonomi jurusan Surabaya. Oke kita pilih yang bis ekonomi Mira dengan harga tiket perorang Rp. 38.000. Ada bis lain dengan tujuan yang sama yaitu Sugeng Rahayu dari Sumber Kencono Group, Cuma mungkin lo udah tau alasannya kenapa kita gak pilih itu. Kalo yang eksekutif bis nya namanya Eka satu group sama Mira, harga tiketnya sekitar Rp. 68.000

-          Dan sampai di terminal Surabaya jam 7 malem langsung dikerumunin banyak calo. Dari situ kita punya opsi, naik bis ke banyuwangi dulu terus dari situ kita nyebrang pake ferry, dan nyari bis lagi dari gilimanuk ke denpasar. Tapi kayaknya karena gua dikejar waktu juga, akhirnya ada calo yang nawarin ke denpasar langsung. Singkat cerita gua naik Bis Santoso dengan harga Rp. 140.000 dari Surabaya ke denpasar dan sampe di denpasarnya jam 8 pagi. Kalo gua naik bis dari Surabaya ke banyuwangi, bakal abis sekitar Rp. 32.000 an, nyebrang pake ferry dari ketapang ke gilimanuk perorang Rp. 6000 dan dari gilimanuk ke denpasar gua gak tau deh habis berapa.

Rekapitulasi Perbandingan
Skenario A = Rp. 105.000
-          Jogja – Banyuwangi naek kereta Rp. 35.000
-          Banyuwangi – Denpasar naik bis Rp. Gatau tapi sekitar Rp. 70.000 an kayaknya
Skenario B = Rp. 178.000
-          Jogja – Surabaya naek bis ekonomi Rp. 38.000
-          Surabaya – Denpasar naek bis patas Rp. 140.000
Skenario C = Rp. 136.000 (perkiraan)
-          Jogja – Banyuwangi kata mbah mbah pedagang bis nya jam 1 an, harganya sekitar Rp. 90.000 an itu ekonomi
-          Banyuwangi – Gilimanuk naek ferry Rp. 6000
-          Gilimanuk – Denpasar kalo ada bis mungkin sekitar Rp. 40.000 an ekonomi gua gak tau juga
Kesimpulannya adalah, harga yang paling murah adalah skenario A, naik kereta dulu dari jogja nya itu paling sampe denpasar Cuma abis 100 ribuan
Wah ternyata udah panjang juga,, gua keburu males,, untuk yang perjalanan pulang nya kita sambung ntar lagi yak,,, semoga bermanfaat J

Comments