Kenapa Orang Tua Pengen Banget Anaknya Cepet Lulus Kuliah???

Lo mahasiswa??
Lo udah tingkat akhir?
Orang tua lo sering nelpon n sms lo?
Lo belom pengen lulus?
Lo punya masalah yang sama dengan gua...

Terlalu banyak alasan yang bikin orang tua memburu buru anaknya supaya cepat lulus,, yang paling utama dan yang utama tentu saja masalah finansial,, dimana orang tua lo udah gak sanggup lagi biayain lo, atau orang tua lo ingin mengalokasikan uang nya untuk kepentingan yang lain baik yang urgent atau tidak urgent, mendadak atau tidak mendadak...
Selain dari pada itu,, kalo menurut gua sih ya,, orang tua itu pengen cepet cepet anaknya jadi manndiri,, ini bagi sebagia orang tua yang menganggap anaknya adalah beban,, ya terima gak terima, selama lo masih bergantung sama mereka, tentu saja langsung atau gak langsung lo akan membebani mereka,,
Beberapa orang tua ingin mamerin anaknya yang sarjana di depan teman teman atau keluarga yang lain, gak usah dipungkiri lah,, punya anak sarjana itu adalah sebuah prestise dan kebanggaan sendiri buat orang tua.

Dari semua alasan diatas, tentu saja kita, lo, dan gua merasa tertekan,, kagag segampang nyelesaiin boker yang tinggal cebok kaleee namatin kuliah tuhh,, garap skripsi emag kayak garap PR anak SD kelas 4 yang semalem langsung beres?? prosesnya beribet baanget, dengan prosedur yang antara jelas dan tidak,, dan belom tentu pas awal awal kita ngarti prosedur yang bener..
Belom lagi nentuin judul TA nya,, nyari bahan,, data, dan yang lainnya.. kalo ada minimarket yang nyediain tuh semua,, gua jamin bakal laris manis tuh minimarket..

dan gua selalu berfikir,, cepet lulus itu belom tentu cepet dapet kerja juga,,, kecuali bagi sebagian kecil mereka yang disebut jenius atau apalah itu namanya... kuliah itu adalah masa keemasan dalam hidup manusia,, penentuan jati diri,, menimbun pengalaman,, menimbun ilmu,, dan lainnya,, kalo lo cepet lulus, bisa aja lo miskin pengalaman, dan saat lulus lo bukannya jadi orang hebat, tapi malah jadi sampah yang gak ngerti apa apa... materi di kuliah sama materi di dunia kerja itu beda jauh,,, kakak kelas gua pun bilang,, cuma dikit materi kuliah yang akan kepake di dunia kerja. dan kebanyakan belajar dari 0!! nah kalo udah tau itu,, kita manfaatin lah masa kulia ini untuk belajar ilmu yang harus belajar dari 0 saat kerja... seenggaknya an itu bisa jadi nilaii lebih kita pas udah lulus...
Tapi,, sebagian orang tua itu kagag ngartiii...... tau sendiri lah orang tua,, dengan pemikirannya yang kolot dan belom tentu mengikuti perkembangan zaman,, apa lagi kalo type orang tua yang menganggap dirinya selalu benar,,, mereka cuma pingin anaknya lulus [TITIK] peduli amat anaknya berpengalaman, punya banyak pengetahuan, nilainya bagus atau gak,, yang penting lulus... dan gua sangat kesal karena itulah yang gua alami...
gara gara itu TA gua jadi terbengkalai, gua kehilangan semangat karena terus terusan ditekan buat lulus,, gua malah sering banget nyari kesibukan lain yang gua anggap itu bermanfaat...
pesen gua nih buat orang tua,, apa yang anda semua pilih da tentukan untuk anak anda itu tidak selalu yang terbaik,, karena anaklah yang menjalani hidupnya, apalagi kalo udah kuliah,,, udah bisa dibilang anak tersebut udah bisa mikir,, dan mungkin udah dewasa,,, jadi tolonng hargai pendapat anak,, karena meski orang tua yang lebih banyak pegalamannya dari anak, belom tentu orang tua lebih pintar dan lebih cerdas dari anak...

saling menghargai aja,, anak kan bukan budak atau semacam binatang peliharaan yang ngiutin semua perintah majikannya... thats all....

Comments