Belajar Membuat Model Shell di Sketchup untuk para Jomblo Galau

Dear jomblowan dan jomblowati yang sedang galau....

Dari pada galau terus,, yukzz kita belajar sketchup dari level orang bodoh langsung loncat ke level dewa.. :)

Pertama yang harus lo ketahuin tentang sketchup adalah, ini software pada dasarnya adalah software vektor 3 dimensi, jadi dia bisa menggambar garis pada arah x,y,z. software ini pake koordinat cartesian,, dimana setiap sumbu ditunjukan dengan warna yang berbeda.

Sumbu z (atas bawah) ditunjukan dengan warna biru
Sumbu y (teserah mau kiri kanan atau depan belakang, tapi gua lebih suka kiri kanan) ditunjukan dengan warna merah
Sumbu x (sisa sumbu yang ada, berarti depan belakang) yang ditunjukan oleh warna hijau


Beberapa fungsi yang harus lo tau cara pemakaiannya adalah :

-          Line untuk bikin garis, hotkey nya pake huruf “L”
-          Pull dan push buat jadiin bidang 2D jadi 3D dengan ketebalan seragam, hotkey “P”
-          Follow buat menjadikan bidang 2D jadi 3D tapi bentuknya mengikuti elemen lain, hotkey “F”
-          Scale buat ngerubah skala dari elemen atau objek, hotkey nya “S”
-          Move, buat mindah mindahin objek, hotkey “M”
-          Dll masih banyak lagi, tapi yang paling penting itu adalah yang gua sebutin diatas :)

Silahkan pelajari dulu fungsi di atas secara otodidak,, banyak kog video di youtube nya. Okay,, sekarang gua masuk ke bahasan berikutya adalah tentang “shell” atau bahasa cupu nya “cangkang”. Shell atau cangkang atau kulit itu adalah sebuah bidang atau permukaan yang punya luas tapi tidak bervolume. Bentuknya bisa 3D atau 2D. kata kuncinya adalah “SEBUAH BIDANG BISA DIBANGUN DENGAN PALING SEDIKIT 3 GARIS” secara gak langsung yang gua maksud adalah, segitiga. Jadi untuk membuat sebuah shel yang rumit, lo harus bisa menggabungin beberapa banyak shell sederhana (baca:segitiga).

Daripada kebanyakan gua curhat,, mendingan ita eksekusi aja :) SIlahkan buka sketchup kalian masing masing. Gua mau ngasih contoh gimana bikin sebuah fairing motor balap. 

1.       Bikin sebuah bidang sekitar 03 x 0.4 m pada sumbu xz (hijau biru)


2.       Pertama gua mau buat bagian depannya dulu,, gambar garis pada bidang tersebut yaitu garis bentuk fairing depan kalo diliat dari pinggir, terserah mau pake line (L) atau arc (A)


3.       Buang bingkai bidang dan sisakan garis yang tadi saja


4.       Buat garis pada ujung garis yang dibawah tegak lurus dengan garis pada bidang tadi, kan tadi garis itu ada di bidang xz (hijau biru) berarti kalo tegak lurus itu arahnya ke arah y (merah) panjangya kira kira 5 cm


5.       Copy garis lengkung tadi semuanya, terus paste kan dengan base point di ujung garis 5cm yang tegak lurus tadi


6.       Skala kan garis lengkung yang baru ke  arah z sekitar 1.1 kali


7.       Berikutnya buat garis tegak lurus seperti tadi dengan base point seperti di bawah, bentk seperti huruf L



8.       Garis lengkung yang tadi di copas kan lagi dengan base point ujung garis tegak lurus yang baru, dan buang ujung garis lengkung seperti pada gambar.

9.       Intinya sih sama aja kayak yang sebelum sebelumnya,, lo ikutin kayak gambar di bawah aja...


10.   Nah kan tadi lengkungnya dibuat dari garis patah patah,, sekarang dari antar lengkung lo sambungin pake garis sehingga membentuk elemen segitiga



11.   Bagian yang tersusah adalah bagian nge move tiap tiap joint membentuk sebuah shape yang mendekati asli nya. Jadi pada setiap segitiga itu kan di sudut sudutnya harus lo move sedemikian hingga sampe bentuknya oke.
Saran gua saat nge move,, tolong di ikutin aksis nya,, jadi jangan nge move itu joint tanpa nge move aksisnya. Pada saat nge move pasti ada garis bantu biru kalo mau ke atas atau ke bawah, merah kalo ke kiri atau ke kanan, dan hijau kalo ke depan atau belakang. Kalo mau ngemove ada arah diagonal.. lakukan dua kali moving :)




12.   Oke setelah menurut lo sesuai sama bentuk asli nya,, select semua gambar lalo di copas dimanapun teserah lo.



13.   Lalu hasil copasannya di flip pada sumbu merah



14.   Lalu gabungkan kedua gambar dengan ambil base point yang berimpitan :)



15.   Lalu perhalus bidangnya



Untuk tahap pertama sementara gitu dulu ya??? Kalo ada pertanyaan silahkan komen di bawah... tar kalo selow gua lanjutin ke tahap 2 nya :)


Nih broo,,, hasil keisengan ane selama ini, monggo silakan icip icip kali aja terinspirasi :)



















 

Comments

  1. kalo sebuah bentuk kotak misalnya, kita sudah bikin bidang kotak (persegi), tapi kulitnya gak mau muncul itu gimana ya?

    ReplyDelete
  2. bidang kotak atau persegi? jadi di sketchup itu bidang kulit nya akan muncul kalau ada poligon tertutup dalam satu bisang xy atau yz atau xz (bidang dua dimensi,, kalai beberapa titik itu (lebih dari 3 titik) tersebar di koordinat xyz maka dia gak bisa jadi bidang atau kulit,, dia harus di pecah jadi beberapa segitiga supaya kulitnya mau keluar..
    thanks fr comment.. i m very appreciate it :)

    ReplyDelete
  3. Klo pke plugin bs ga edit permukaan biar cepat dan apa nama pluginnya ?...

    Sy kesulitan untuk mengatur atur move di garis ke bidang merah biru dan hijau nya, bs diatur jadi titik/ point trus dipindah" secara bebas ga ya ma, gmn cara nya ? ...

    ReplyDelete
  4. saya belom pernah tuh pake plugin buat ngehalusin permukaan, kalo ngehalusin biasanya saya pake smothen face,,,, di select dulu beberapa bidang nya terus klik kanan terus pilih smothen face...

    jadi kalau mau ngatur perpindahan titik nya itu harus satu satu, misalnya pindah atas bawah dlu,, itu sampe di sketchup nya nongol "on blue axis" berarti dia sejajar sama sumbu biru (atas bawah) ,, kalo mau dipindah ke kiri dan kekanan, ya digeser titik nya sampe " on red axis" pokoknya sampai berimpitan dengan salah satu sumbu,,, kalai langsung kita geser 3 dimensi (arah merah, hijau dan biru) biasanya suka salah pergeserannya..

    semoga membantu :)
    thanks for comment

    ReplyDelete
  5. Tutorial desain motor yg digambar ada gak gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak buat gan kalo itu, panjanggg banget klo mau di buat tutorialnya, tapi ya intinya sama aja kayak buat yang awal itu..

      Delete

Post a Comment