[SHARE] Trik, tips, dan pengalaman dalam mengikuti lomba

Dedikasi 2011 Universitas Hasanudin Makasar

Dari beberapa lomba yang gua ikutin sampe sekarang baru 2 lomba resmi yang pernah gua menangin,, klo lomba gak resmi juga 2 kali.. hehe.... Disini gua mau nge share apa aja pengalaman gua selama ngikutin tu lomba-lomba dari mulai nyari anggota buat tim, persiapan lomba, dosen pembimbing, bikin proposal, membuat konsep buat lombanya, sampe presentasi lomba... Scara gua pengangguran klo di kampus tanpa organisasi, makanya gua ikutan banyak lomba untuk menyibukkan diri... :)

Pertama adalah nyari anggota buat tim, ini adalah hal yang sangat penting broo.. kalo lo salah ambil orang, lo bisa males buat ngejalaninnya, malahan lo bisa gagal ikutan lomba... disini gua mau ngasih beberapa tips buat milih orang :
- cari orang diantara temen deket lo yang udah lo kenal baik n tau sifatnya kayak gmana supaya bisa lebih mudah kerjasama sama lo dan jadi lebih santai
- cari orang yang sama sekali gak lo kenal, cara nya lo nyebar pengumuman lewat temen temen lo, dan klo ada yang minat suruh ngehubungin lo, orang yang ngehubungin lo berarti dia ada passion buat gabung, jangan sampe lo yang ngehubungin tu orang duluan, ini untuk kasus klo diantara temen deket lo gak ada yang minat. dan orang kayak gini biasanya akan lebih profesional.
- cari orang yang kompeten di bidang yang dilombakan, gak harus pinter, gak harus cerdas, yang penting bisa, dan asik buat kerja sama,
- maslah seangkatan atau gak itu gak jadi masalah, karena ketika lo nyari orang, berarti lo adalah pemimpin tim lo.
- ketika ditengah perjalanan terjadi ketidak cocokan, usahakan jangan sampe ganti anggota, kalo sampe itu terjadi, bubarin aja sekalian tim lo...

Kedua gua mau ngasih saran tentang persiapan apa aja yang harus lo lakukan sebelum mau ikutan lomba. Ini nentuin banget apa lo harus ikutan tu lomba atau gak, atau memilih diantara beberapa lomba yang cocok buat lo :
- pertama, lo harus baca term of reference (TOR) dari tu lomba sampe tuntas, sampe lo paham bgt lombanya kayak gmana, klo ada yang gak ngerti, langsung tanyain ke CP nya.
- Liat keadaan diri lo apa lo sanggup buat ngadepin tu lomba, liat skill dan keahlian yang lo punya, jangan sampe lo ikutan tanpa modal dan hanya ngejar pengalaman.
- Dari sini juga, ketika lo sadar klo lo gak bisa ngehendel semuanya, makanya lo harus cari partner di bidang yang lo gak kuasain, inget gak harus yang pinter.
- Liat waktu dan tempat pelaksanaannya, apakah masih sanggup lo kejar?? kalo nggak sanggup... saran gua sih jangan maksain kecuali lo nekat atau cuma ngejar sertifikat sebagai "peserta" cari lomba lain yang masih memungkinkan buat lo jadi juara.
- Jangan sampe daftar lomba nya diundur - undur,, ini sepele tapi krusial loh... soalnya gua pernah sekali dapet masalah sama hal ini, daftar secepatnya supaya lo mikir klo lo udah terlanjur keluar uang dan jangan smpe itu sia-sia

Ketiga adalah cari dosen pembimbing. gak setiap lomba menyaratkan hal ini, tapi sekainya disyaratkan lo harus dapetin dengan kriteria yang menurut gua:
- dosennya gak sibuk, jarang keluar kota apalagi keluar negeri
- gak galak, jangan sampe mau ketemu aja lo sape gemeteran, usahain dosennya yang bikin lo nyaman
- gua yakin semua dosen itu pintar, tapi gak semua dosen itu baik dalam menyampaikan kepintarannya ke orang lain [semoga lo ngerti maksud gua]
- cari dosen yang ngerti keadaan kita, ketika kita kepepet minta tanda tangan, dan sebagainya...

keempat adalah pembuatan konsep untuk yang mau lo lombakan :
- Sebelum lo bikin konsep, lo harus banyak banyak baca refrensi tentang bidang yang lo lombakan, i ni bakal bikin pemikiran lo terbuka untuk menemukan hal yang baru
- Konsep yang mahal dan bernilai tinggi adalh yang inovatif, alias belom ada seorangpun yang make, klo cuma sekedar konsep hasil modifikasi dari konsep lain, menurut gua itsih standaran.
- Setiap konsep yang lo buat itu harus berdasarkan fakta dan data yang jelas, jangan sampe lo buat konsep berdasarkan pendapat lo aau kelompok lo doank tanpa adanya pengujian, pembenaran, atau data lain yang bisa dijadikan landasan dari konsep lo itu.
- jangan sampai merubah konsep ditengah perjalanan, ketika di awal lo dan tim lo udah sepakat dengan konsep tertentu maka kembangkanlah hal itu seluas luasnya. Ganti konsep adalah awal kegagalan kata kakak kelas gua dulu.
- pasti nantinya lo sering ngadain kumpulan, ketemuan dengan anggota tim lo. nah untuk setiap ketemuan, harus lo spesifikasikan apa saja yang akan dibahas, harus ada hasil dari pertemuan itu, dan harus ada "PR" untuk pertemuan berikutnya. disini biasanya orang suka ngebahas ngalor-ngidul gak jelas, maka disinilah fungsi lo sebagai ketua tim, ketika hal itu belom waktunya dibahas, maka jangan dibahas. ketika sudah diambil keputusan, usahakan patuhi keputusan itu. dan jangan rubah konsep kalo emang itu gak terlalu penting. dalam sekali kumpulan itu jangan terlalu lama, 1 jam menurut gua udah cukup klo sekedar diskusi, tapi klo mengerjakan sesuatu kayak ngegambar atau bikin proposal, itu diusahakan seefektif mungkin. tempat yang cocok menurut gua sih di kampus...

Masalah pembuatan proposal gak bakal gua bahas, tapi yang penting sistematika penulisan dan bahasa yang digunakan itu ada nilainya lhoo... :)

kelima kalo lo lolos nyampe babak final, berarti alhamdulillah banget. Hal yang harus lo perhatiin disini ada beberapa menurut gua :
- pakaian yang rapi dan kompak dalam 1 tim, ini meski gak dinilai tapi bisa bikin lo pede atau bikin down lawan lo. harus rapi broo... pake baju buat acara resmi... batik kayaknya asik tuh... :)
- Suara, suara lo jagan dipaksain bagus, apa adanya aja, biar saat lo ngomong bisa santai.. biarin aja klo suara lo jelek, cempreng, ini kan bukan indonesia idol... XD
- anggap audience adalah teman lo, bukan musuh lo, janga sekali kali nganggep klo lo lebih pinter dari audience, karena klo nyampe ada yang kesinggung dan mereka boleh nanya di sesi tanya jawab, bisa habis lo!! ingat ereka juga finalis yang artinya mereka gak bodoh!
- materi presentasi lo jangan kebanyakan animasi gak jelas, simple aja asal maksudnya tersampaikan, animasi gak jelas malah bikin waktu jadi lama.
- di materi presentasi kata dosen gua, hilangin slide yang isinya paragraf doank, dan banyakin gambar, chart, table, dan bentuk penyaian yang menarik lainnya.
- Jangan membelakangi audience atau kelamaan baca slide, inget ada juri yang pengen disapa dan audience yang pengen kenalan.. :

segitu dari gua... sory kalo nyampah... semoga bermanfaat,,,, :)

Comments