[share] suka duka pake printer infus dan tips buat ngerawatnya


Setelah lama gak posting, akirnya ada sesuatu yang harus gua posting… Kali ini gua mau share suka duka gua pake printer infuse dan trick buat bikin printer lo gak rewel berdasarkan pengalaman pribadi. Gua bakal bahas printer infuse secara umum dengan contoh kasus printer kesayangan gua ip2770. 
ip2770 di infus

1.      1. Dimulai dari awal dulu, apakah lo harus pasang infuse pada rinter lo atau gak…
Ini adalah pertanyaan yang selalu muncul ketika tiap orang baru beli printer, menurut gua printer perlu di infuse atau gak tergantung gimana lo mau make ni printer, kalo banyak task yang harus di prit missal untuk printer kantor, atau skripsi atau lo ngebuka tempat ngeprint saran gua yang terbaik adalah lo infuse aja tu printer, karena dengan infuse tentu saja lo gak akan repot buat ngerefil tuh cartridge, keseringan di suntik, lama-lama cartridge bisa rusak juga lho, rata-rata cartridge cuma sanggup nyame 5 kali suntik dan habis itu lo harus gannti cartridge. L
Tetapi kaloo lo Cuma make tu printer hanya sesekali dalam seminggu, bahkan lebih sering nggak kepake, gak di infuse juga gapapa, soalnya satu cartridge itu bisa ngeprint sampai 200 lembar.

2.     2. Cara infuse printer yang baik
Ketika printer lo tiba tiba bekerja lebih berat, dari sebelumnya Cuma sekali ngeprint dalam sebulan dan sekarang jadi ngeprint tiap hari, mungkin saat ini printer lo harus di infuse broo. Nginfus printer yang baru beli langsung sama yang udah kepake sebelumnya itu beda bro.
Kalo baru beli lo bisa langsung infuse, soalnya di dalem cartridge masih terisi penuh tinta, jadi pas nanti dimasukin selang infuse Cuma sedikit udara yang masuk antara cartridge-selang-botol.  Tapi kalo sebelumnya tuh printer udah dipake meski Cuma beberapa kali, hal yang harus lo lakukan sebelum dibawa ke tukang infuse adalah lo penuhin dulu cartridge lo, terus test print. Soalnya tukang infuse tuh gak semua pinter, mereka kadang-kadang suka langsung infuse aja, gak liat isi cartridge nya gimana.
Kenapa harus di penuhin dulu, soalnya untuk mengurangi jumlah udara yang ada antara cartridge-selang-botol tinta. Kenapa emangnya kalo ada udaranya?? System infuse itu make system keseimbangan tekanan pada cartridge dan pada botol, saat cartridge ngeprint dan ngeluarin tinta lewat head nya, otomatis volume di cartridge berkurang, lo ingat rumus fisika?? PV=nRT… karena tekanan nya harus tetap seimbang di system itu makanya dia ngehisap beberapa volume tinta dari botol lewat selang.
Udara adalah fluida yang mudah dimampatkan, maknya kalo ada udara dia bakal tetap ngisap tinta, tapi akan jadi lebih lambat karena udaranya mampat (nahan tekanan). Lo tau system hidraulik rem cakram motor, jadi fluida yang ada di selang antara master dan piston itu adalah carian minyak rem yang susah dimampatkan, dia bakal lebih gampang nyalurin tekanan dari master ke piston.

selang infus tanpa udara


3.      3. Merawat printer infus
Ngerawat printer infuse itu gampang kog sebenernya asal jangan males aja, hal yang paling penting adalah tau kapan tutup botol tinta harus dibuka atau ditutup, kalo lagi ngeprint atau lagi sering diake tutup botol yang lebih kecil lebih baik dibuka dan yang gede tetep ditutup. Kalo jarang ngeprint tutup dua duanya di masing-masing tabung. Kalo printernya mau dipindah-pindah, selangnya ditekuk dan dijepit pake jepitan kertas biar tintanya gak ngalir dan ngebanjirin cartridge. Dan selalu cek sebelum ngeprint, apakah di selang sampai ke cartridge ada udaranya atau gak, kalau ada sebelum dipake udaranya harus dibuang dulu,,,istilah kerennya selang nya masuk angin.. :D
Kalo tinta di botol infuse tinggal seperempat, lo harus cepet cepet isi tu botol, supaya tekanan nya tetep seimbang, soalnya kalo tinggi tinta di botol berkurang otomatis tekanannya berkurang.

4.      4. Kerusakan yang mungkin terjadi pada printer infuse
Kerusakan yang paling sering terjadi adalah masuk angin atau cartridge banjir. Ini bisa terjadi kalo lo gak ngerawat bener bener printernya. Bisa karena printernya ditaro di tempat yang kepanasan atau pas botolnya udah habis gak lo isi tinta, atau pas printernya lo pndah pindahin, selangnya gak dijepit.

5.      5. Tips buat ngakalin kerusakannya
Gua pernah ngelakuin hal bodoh, waktu printer gua masuk angin, gua lepas lakban di botol yang nyatuin dia n printernya terus botolnya gua angkat tinggi tinggi supaya tinta nya ngalir. Ini emang memberikan solusi sementara, tapi setelah itu cartridge lo kebanjiran, dan tinta lo terbuang percuma dan setelah beberapa hari udara kembali memenuhi selang tinta lo.
Cara yang benar sebenarnya adalah lo harus ngebongkar system innfusnya. Gua juga tau ini dari blog orang, jadi alat yang harus lo siapin sebelumnya adalah tissue yang banyak dan dua buah suntikan tinta.
Pertama lo buka selang yang nempel di cartridge, ini emang agak kuat nempelnya, dibuka pelan pelan, dan setelah itu posisikan mulut selang lebih tinggi dari botol tinta biar tinta nya gak ngalir.
Kedua, lo cek isi cartridge nya, kalo kosong atau gak penuh tinggal lo penuhin, ambil satu suntian, sedot dari tabungg tinta secukupnya terus suntikin kedalem cartridge nyampe sedikit luber keatas biar tau klo itu udah penuh. Jangan lupa luberanya dibersihin pake tissue.
Ketiga ilangin udara di selang, caranya ambil suntikan yang kosong terus lo suntikin udara ke tabung yang mulutnya kecil, biar tintanya ngalir eluarr n udaranya ilang. Kalo tinta udah d ujung mulut selang nyuntik udaranya di stop.
Keempat adalah pasangin lagi selang yang udah dibuang udaranya ke cartridge yang udah dipenuhin tinta. Terus asang lagi cartridge nya dan silahkan tast print.

Sekian dari gua semoga bermanfaat.

Comments