Panduan Perawatan Laptop untuk "Gaptek"ers


Gua yakin sekarang semua orang rata rata punya laptop atau computer, bahkan anak SD zaman sekarangpun punya laptop yang lebih canggih dari punya gua (mahasiswa tingkat akhir). Meski semua orang punya laptop, tapi gua sangat yakin gak semua orang ngerti gimana cara merawat atau melihara tuh barang biar durability nya lama. Oke ini adalah postingan sampah gua yang berikutnya yang bakal ngebahas tentang cara melakukan perawatan laptop bagi seorang “gaptek”ers.
Perawatan laptop menurut gua dibagi jadi 2 jenis, perawatan hardware dan perawatan software. Karena gak mungkin cuma salah satu aja yang di urus, soalnya biasanya kalo salah satu dari dua yang gua sebutin mengalami masalah si laptop biasanya gak bisa dipake.
Untuk artikel kali ini gua Cuma mau bahas cara ngerawat hardware laptop. Mungkin di postingan berikutnya gua bakal bahas yang softwarenya. Bagi yang gak tau hardware, hardware itu adalah semacam makanan yang terbuat dari singkong dicampur sama celana dalam. Huakakakaka…. :D, hardware adalah perangkat keras, seperti laptop itu sendiri, charger, batre, mousee, speaker, dsb. Berikut adalah cara simple ngerawat beberapa hardware yang rentan rusak :
1.      Baterai adalah hardware yang paling gampang rusak. Rusaknya bukan  hamil kayak batre handphone, tapi intinya sama aja, batrai gak mau nyimpen arus lagi. Kenapa itu bisa terjadi? Setiap hardware tentu saja punya durabilitas atau lama hidup, mungkin saja dia rusak karena sudah waktunya rusak, durabilitas ini menurut gua gak bisa diperpanjang, tetapi masih bisa dihemat, caranya tentu saja, menggunakan batrenya hanya pada saat diperlukan saja, kalau masih ada colokan listrik, lepas batre laptop mu dan pakailah listrik. Jadi penggunaan waktu hidup batre akan lebih hemat. Selain itu yang biasa terjadi adalah baterai jebol atau bocor karena kelebihan arus, sehingga dia gak bisa bekerja secara optimal. Ini bisa terjadi karena lo ngecharge kelamaan, terlalu sering menggunakan batre+listrik secara bersamaan, atau batre gak pernah dikalibrasi. Selain itu saat lo pake batre, sebaiknya jangan terlalu banyak nyolokin device lain di port usb lo, kenapa?? Karena port usb itu akan mengalirkan arus ke device, ini bikin konsumsi arus dari batter jadi lebih cepet, dan kemungkinan bisa merusak tiap cell dari batre lo. Ini tips gua klo batre lo mau awet:
a)      Charge laptop mu dalam kondisi mati.
b)      Ketika laptop dinyalakan sebaiknya pilih salah satu antara penggunaan listrik atau baterai saja, jangan kedua duanya meski baterai lo lowbat kecuali kepepet. :p
c)      Kalau masih ada listrik, sebaiknya gunakan listrik saja jangan baterai, karena untuk menghemat waktu hidup baterai.
d)      Sekali kali batre nya dikalibrasi (kalo gak tau Tanya google ;))
e)      Hindari penggunaan device lain lewat usb, seperti mouse, usb flashdisk, cooling pad, usb fan, usb wifi, gaming device, atau apapun yang dicolokin ke usb.
f)       Brightness layar mu usahakan seminimal mungkin, asal keliatan kan udah cukup.
g)      Kurangi/batasi penggunaan network adapter (wifi) meskipun onboard atau CD/DVD room karena arus yang dipake cukup besar dan baterai mu akan habis dalam waktu lebih cepat.
h)      Jangan taro batre di tempat yang kepanasan, klo ini supaya batrenya gak kepanasan, kasian brooo…. :D lo juga gak mau kan klo dijemur?? Huakakakak
2.      Hardware yang harus lo rawat berikutnya adalah laptop itu sendiri. Kalau ini kerusakannya macem macem, tergantung gimana cara lo memperlakukan ni laptop.
a)      Kerusakan pertama adalah processor overheat, ini bisa terjadi kalo processornya di overclock, laptop beda sama kompie beroo, sirkulasi udaranya sangat terbatas lewat celah celah di bawahnya doank. Saran gua jangan pernah nge overclock laptop klo emang gak perluu-perlu banget. Atau ini bisa terjadi karena lo pake ni laptop diatas kasur atau diatas permukaan yang empuk seperti bantal, karpet, dsb. Ini bisa mebuat celah-celah sirkulasi udara nya ketutupan, dan udara panas di dalem laptop lo gak bisa keluar, dan akhirnya overheat.
b)      Kerusaka kedua adalah pada layar laptop. Layar laptop itu biasanya terbuat dari LCD, mungkin sekarang udah ada yang LED. Biasanya pixel nya ada yang mati, nah kalo ini gak bisa diperbaikin, satu-satunya cara adalah ganti layar. Pixel mati biasanya karena beberapa hal, misalnya lo nyimpen laptop di tempat yang kepanasan (gua gak tau siapa yang pernah bilang gini, entah bener atau gak, tapi mendingan dihindari aja), laptop jatoh/kebanting, laptop kedudukan/ketinndihan barang berat, ini bukan saja bisa ngerusak layar, tapi engsel nya bisa patah juga bro, makanya klo nyimpen laptop jangan sembarangan J.
c)      Kerusakan berikutnya adalah pada CD/DVD drive, klo ini sih gua gak begitu tau gmana cara ngurusnya, tapi ya coba lo pake drive ini seefisien mungkin aja biar awet.
d)      Kalo laptop lo udah tua biasanya batre CMOS nya habis, nah ini harus diganti, umur batre CMOS biasanya sekitar 5 taunan.
e)      Kalau keyboard lo jadi seret, atau susah dipencet, mungkin di sela-sela nya kemasukan serangga atau debu yang terlalu banyak, nah klo ini bisa dihindari dengan memakai kayak karet pelapis keyboard gtu, entah apa lupa namanya, yang jelas untuk mennghindari benda benda asing nyelip kesitu.
3.      Charger biasanya kebakar kalo pas tegangan listrik dari colokan lo gak stabil, kalo kebakar ya dibenerin ke tukang laptop lah. Klo lo mau beli charger, jangan pernah sekali kali beli charger universal yang bisa dipake smua laptop yang bisanya merk china. Ini bisa ngerusak motherboard lo, soalnya arus yang masuk ke laptop biasanya gak sesuai, malah klo merk gak jelas, biasanya arus yang masuk itu kotor ( gak murni DC). Mending itu charger lo dibenerin atau beli baru yang ori sekalian. Terus kalo mau ngerapiin charger, hindari menggulung kabel, soalnya isi kabel itu adalah kawat dan bukan serabut, kalo sering ditekuk tekuk lama lama bisa putus kawatnya.

Sekian postingan gua, semoga setelah lo baca, predikat “gaptek” lo jadi sedikit memudar… :D
Padahal gua juga masihh gaptek kog sebenernya,,,

Comments